Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Jl. Cut Mutia No.42 Teluk Betung Utara, Bandar Lampung - Lampung 35214

Email : admin@pt-tanjungkarang.go.id | Telp. (0721) 481286 | Fax. (0721) 489821

Logo Artikel

846 PERESMIAN 6 GEDUNG BARU PENGADILAN TERPADU

PERESMIAN 6 GEDUNG BARU PENGADILAN TERPADU

2

Hari ini, 20/10/2020, secara virtual Ketua Mahkamah Agung Dr.H.M.Syariffuddin,SH.,MH meresmikan 6 Gedung Pengadilan terpadu yang mencakup 4 lingkungan peradilan di Ambon, yaitu, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara, Pengadilan Militer dan Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama, dan sekaligus 61 gedung pengadilan 4 lingkungan peradilan yang baru tersebar di seluruh wilayah barat, tengah dan timur Indonesia.

Acara peresmian yang dilaksanakan secara virtual tersebut diikuti oleh 4 lingkungan peradilan diseluruh Indonesia baik tingkat pertama maupun tingkat Banding.
Laporan Plt Sekretaris MA Dr.Drs.Aco Nur,SH.,MH. dari 67 gedung pengadilan baru tersebut, untuk pertama kalinya dibangun satu konsep pengadilan terpadu yaitu menggabungkan 6 pengadilan dalam satu konsep kawasan yaitu pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara, Pengadilan Militer dan Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama. Anggaran pembangunan 67 gedung pengadilan sebesar Rp. 150.585.000,000.00.
Ketua MA dalam sambutannya mengatakan, “pembangunan 67 gedung baru tersebut merupakan upaya terus mkenerus untuk meningkatkan ketersediaan sarana prasarana dalam upaya mewujudkan pelayanan prima terhadap pencari keadilan. Sesungguhnya mahkamah agung masih punya pekerjaan rumah, yaitu menyelesaikan dan meresmikan 85 pengadilan baru di seluruh wilayah Indonesia, dan sampai saat ini MA belum bisa menuntaskan pembangunannya, karena pandemi covidterlebih lagi karena pemotongan anggaran pandemi covid. Setelah pandemi covid diharapkan pembangunan 85 pengadilan baru yang belum selesai itu dapat diselesaikan dan ditambah anggaran pembangunannya.
Hadir dalam acara peresmian gedung terpadu tersebut, Ketua KPK dan Ketua Mahkamah Konstitusi dan pejabat-pejabat kementrian.


Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

SIPPKetua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Lebih Lanjut

Syarat dan Tata cara Pengaduan

DirPutSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

DJIHMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Lebih Lanjut

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas