Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Jl. Cut Mutia No.42 Teluk Betung Utara, Bandar Lampung - Lampung 35214

Email : admin@pt-tanjungkarang.go.id | Telp. (0721) 481286 | Fax. (0721) 489821

Logo Artikel

571 PENGAMBILAN SUMPAH ADVOKAT PERADI 2

PENGAMBILAN SUMPAH ADVOKAT PERADI

DSC 0274

BANDAR LAMPUNG | Senin, 16 September 2019 Pengadilan Tinggi Tanjungkarang hari ini melangsungkan Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah Advokad. Sidang tersebut dilangsungkan di Pengadilan Tinggi Tanjungkarang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Zaid Bob Said, SH, MH. Para Advokad baru yang diambil sumpahnya tersebut berjumlah: 88 (delapan puluh delapan) orang yang berasal dari wilayah hukum Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Provinsi Lampung. Kesemua Advokad tersebut tergabung dalam organisasi advokad Peradi.

Dalam acara itu, sebelum dilakukan pengambilan sumpahnya, dilakukan prosesi pengangkatan sebagai Advokad oleh pimpinan organisasinya (Peradi). Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi pengambilan sumpahnya sebagai Advokad oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang. Usai prosesi pengambilan sumpah, dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang menyatakan bahwa jika profesi Jaksa bertugas mewakili Pemerintah, Hakim mewakili Negara, maka Advokad adalah profesi yang sifatnya mewakili kepentingan hukum Masyarakat, yaitu memberi jasa hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Ditekankan pula, bahwa profesi Advokad adalah profesi yang mulia (officium nobile), oleh karena itu Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang berpesan agar para Advokad berperilaku yang baik, menghormati dan menghargai profesi hukum lain di hadapannya, khususnya di dalam pengadilan atau dalam proses persidangan. Boleh berpihak kepada masyarakat sebagaimana tugasnya sebagai seorang Advokad, namun jangan membenci profesi hukum lain. Diwanti-wanti pula oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, bahwa seorang Advokad harus bertindak profesional dan berintegritas tinggi, wajib selalu mengingat akan isi dan pesan sumpahnya sebagai seorang Advokad.

Selamat bekerja, semoga amanah.  Amin.

Berikut ini adalah dokumen prosesi pengangkatan dan pengambilan sumpah para Advokad pada acara tersebut.


Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

SIPPKetua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Lebih Lanjut

Syarat dan Tata cara Pengaduan

DirPutSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

DJIHMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Lebih Lanjut

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas