Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Jl. Cut Mutia No.42 Teluk Betung Utara, Bandar Lampung - Lampung 35214

Email : admin@pt-tanjungkarang.go.id | Telp. (0721) 481286 | Fax. (0721) 489821

Logo Artikel

712 PIDATO KETUA MAHKAMAH AGUNG RI PERIODE 2020 2025

PIDATO KETUA MAHKAMAH AGUNG RI PERIODE 2020-2025

PIDATO KMA 2025

Ketua Mahkamah Agung yang baru H. Muhammad Syarifuddin, SH, MH yang baru dilantik akhir April lalu menyampaikan pidato pergantian Ketua MA, Rabu, 13 Mei 2020. Salah satu poin pidato itu adalah ketua MA meminta agar semua Hakim dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan peradilan tidak alergi terhadap pengawasan. “Seluruh hakim di MA dan peradilan di bawahnya harus bisa dibina. Jika tidak bisa dibina, binasakan saja!’’ kata Syarifudin dalam kesempatan tersebut. Dalam acara tersebut, para Hakim Agung dan pimpinan badan peradilan di bawah MA mengikuti pidato itu melalui aplikasi rapat daring Zoom. Pidato disiarkan secara live streaming di kanal Youtube.

Pengawasan internal badan peradilan akan diefektifkan dengan dasar hukum Perma No.7 tahun 2016 tentang Penegakkan Disiplin Kinerja Hakim pada MA dan Badan Peradilan di bawahnya. Perma No.8/2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan tasan Langsung di di Lingkungan MA dan Badan Peradilan di bawahnya, serta Perma No.9/2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di MA dan Badan Peradilan di bawahnya.

Beliau menekankan hal itu sebagai bagian dari komitmennya untuk melanjutkan cetak biru pembaruan peradilan. Salah satunya, peningkatan efektivitas pengawasan untuk meningkatkan integritas dan profesionalisme badan peradilan. Pengawasan akan diperkuat dengan Maklumat Ketua MA No.1/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur MA, dan Peradilan di Bawahnya. Diperintah pula oleh beliau: “Saya tekankan kepada pejabat Badan Pengawasan agar menyosialisasikan ini dalam setiap kunjungan kerjanya ke daerah. Selaruh badan peradilan harus menerapkan ketentuan baku Badan Pengawasan.”


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas