DESK EVALUASI ZONA INTEGRITAS PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG
JAKARTA | Selasa, 17 September 2019 Pengadilan Tinggi Tanjungkarang memenuhi undangan Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi) dalam rangka Desk Evaluasi Zona Integritas Menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) bertempat di Hotel Grand Kemang Jakarta.
Tim dari PT Tanjungkarang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Zaid Umar Bobsaid, SH., MH, yang beranggotakan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Bapak Dr.Ridwan Mansyur, SH., MH, Saurasi Silalahi, SH., MH, Sahman Girsang, SH.,M.Hum, Yuli Heryati, SH.,MH, Dr. Diah Sulastri Dewi, SH.,MH, masing-masing adalah Hakim Tinggi pada PT Tanjungkarang, Himawati Kardjono, SE (Kabag Perencanaan Program dan Kepegawaian), Tika Indah Apriyani S, S.Kom.,M.M (Kasubbag Rencana Program dan Anggaran), dan Rolandika sebagai operator.
Pemaparan materi perihal Evaluasi ZI Menuju WBK dan WBBM dari satuan kerja (satker) PT Tanjungkarang tersebut langsung dilakukan oleh Ketua PT Tanjungkarang, Zaid Bob Said, SH, MH dengan dibantu oleh pejabat PT Tanjungkarang yang lain di hadapan forum Desk Evaluasi ZI Kemenpan RB tersebut. Substansi dari masing-masing materi paparan tersebut telah disampaikannya dengan baik, benar, dan lancar, tanpa adanya kendala yang berarti.
Adapun komponen penilaian oleh Tim Penilai tersebut difokuskan pada aspek pelaksanaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan WBBM dengan metodologi penilaian yang telah terstandarisasi oleh Kemenpan RB. Semua obyek dan poin pemeriksaan dinilai sesuai SOP (standar operating prosedur) yang wajib didukung dengan bukti terkait (evidence).
Data dukung (evidence) itu berfungsi sebagai bukti atas pemberdayaan terhadap komponen-komponen pengungkitnya sebagaimana yang ada dan terlaksana di satker PT Tanjungkarang, yang terdiri dari 6 (enam) komponen, yaitu masing-masing berupa :
- Manajemen Perubahan,
- Penataan Tata Laksana,
- Penataan Sistem Manajemen SDM,
- Penguatan Akuntabilitas,
- Penguatan Pengawasan,
- dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
Selain itu, proses pengujian dan penilaian terhadap materi uji tersebut juga dilakukan dalam bentuk tanya-jawab.
Tim ZI (Zone Ingritas) PT Tangjungkarang sebelumnya telah mendapat coaching (petunjuk/pelatihan) dari Ketua Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung sehubungan dengan akan dilangsungkannya proses desk evaluasi tersebut. Hasil penilaian semua komponen itu akan diumumkan kemudian. Diharapkan hasil penilaian terhadap obyek dan kinerja satker PT Tanjungkarang sangat positif, yang pada gilirannya akan berfungsi sebagai pengungkit semangat kinerja jajaran Pengadilan Negeri di bawahnya dalam melayani masyarakat, khususnya pencari keadilan sebagai core bussiness-nya.
Berikut ini adalah dokumentasi acara Desk Evaluasi ZI Menuju WBK dan WBBM PT Tanjungkarang tersebut.
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas