PEMBINAAN DAN PENGAWASAN KETUA PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG DI PN KALIANDA
KALIANDA | Senin, 29 November 2021 Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan ke Pengadilan Negeri Kalianda Lampung Selatan. Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan ini bertepatan dengan Kunjungan Tim TPI dan TPN dari Bawas Mahkamah Agung RI dan Menpan RB dalam rangka Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM pada PN Kalianda. Kehadiran Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Bapak Dr. Mochamad Djoko, SH.,M.Hum memberikan motivasi untuk keberhasilan PN Kalianda dalam meraih WBK dan WBBM.
Seusai Kegiatan Kunjungan TPI dan TPN Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang melanjutkan dengan pembinaan yang dilaksanakan diruang sidang utama. KPT mengingatkan kembali tentang Perma 7,8,9 yang harus terus disosialisasikan oleh Ketua Pengadilan tentang kedisiplinan, integritas hakim dan pegawai, selain itu KPT juga menekankan terkait pentingnya Hakim mengikuti sertifikasi pelatihan agar dapat mengadili perkara-perkara tertentu, seperti Perkara Tindak Pidana Korupsi, Penyelesaian Hubungan Industrial, Perikanan, Perkara Pidana Anak, dan lain-lain. KPT juga menyampaikan bahwa penataan kelola aplikasi harus dilaporkan ke Mahkamah Agung.
Selanjutnya, Tim Pengawasan Daerah melaksanakan Pengawasan ke masing-masing bagian.
Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?
Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.
Syarat dan Tata cara Pengaduan
Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.
Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu
Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas