Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

Jl. Cut Mutia No.42 Teluk Betung Utara, Bandar Lampung - Lampung 35214

Email : admin[at]pt-tanjungkarang.go.id | Telp. (0721) 481286 | Fax. (0721) 489821

Logo Artikel

747 PEMBINAAN DAN PENGAWASAN KETUA PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN KETUA PENGADILAN TINGGI TANJUNGKARANG

penandatanganan hibah tanah mesuji

Pengadilan Tinggi (PT) Tanjungkarang melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Menggala. Ada dua agenda kerja pada hari itu, yang pertama adalah meninjau tanah yang akan dihibahkan oleh Pemerintah Daerah Mesuji kepada PT Tanjungkarang  yang akan dijadikan lokasi pendirian bangunan kantor satuan kerja baru yaitu Pengadilan Negeri (PN) Mesuji. Sedangkan agenda yang kedua adalah pembinaan kinerja terhadap satker PN Menggala itu sendiri. Rombongan PT Tjk dipimpin langsung oleh Ketua PT Tanjungkarang : Charis Mardiyanto, SH, MH. Ikut dalam rombongan tersebut adalah Wakil Ketua PT : Dr. Ridwan Mansyur, Hakim Tinggi Aksir, SH, MH, Panitera Juli Astra, SH, MH, dan  Plt. Sekretaris Reno Sugiarto, SH, MH.

Pada pagi harinya rombongan PT Tanjungkarang diterima oleh Muspida Kabupaten Mesuji dan Pejabat Daerah lainnya. Kemudian bersama-sama melakukan peninjauan terhadap lahan tanah yang bakal dihibahkan tersebut. Selesai meninjau fisik lahan,  acara lalu diteruskan dengan penandatangan surat penyerahan hibah tanah tersebut oleh Bupati Mesuji dengan Ketua PT Tanjungkarang.

Pada kesempatan itu Ketua PT Tanjungkarang merasa senang dan mengucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kepedulian Pemda Mesuji dalam bentuk pemberian hibah tanah itu yang nantinya akan bisa digunakan untuk lokasi kantor Pengadilan Negeri Mesuji yang hakikatnya juga untuk melayani masyarakat Kabupaten Mesuji itu sendiri. Demikian pula Bupati Mesuji juga banyak mengharapkan agar satker PN Mesuji segera terealisasi.

Pada kesempatan tersebut Ketua PT Tanjungkarang  juga mengharap agar tanah yang bakal dihibahkan untuk pendirian kantor PN Mesuji itu segera diterbitkan sertifikatnya. Tujuannya adalah untuk mempercepat usulan realisasi pembangunan kantor PN Mesuji ke Mahkmah Agung, mengingat volume perkara di kawasan itu cukup tinggi maka diharapkan satker baru PN Mesuji segera bisa diwujudkan.

Berikut ini dokumentasi acara penandatanganan surat penyerahan hibah tanah tersebut oleh Bupati Mesuji dan Ketua PT Tanjungkarang tersebut :

penandatanganan hibah tanah mesuji

penyerahan akta hibah

 

Sedangkan pada agenda kunjungan kerja Ketua PT Tanjungkarang pada siang harinya adalah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pengadilan Negeri Menggala sendiri. Ketua PT Tanjungkarang menyatakan bahwa proses pembinaan dan pengawasan semacam ini adalah bagian dari kawal depan MA di daerah. Adapun materi pembinaan yang disampaikan Ketua PT Tanjungkarang tersebut yaitu terkait kinerja pegawai pengadilan dan kedisiplinan, serta sosialisasi dan pelaksanaan semua program kerja Badilum. Pada kesempatan tersebut diingatkan pula kepada semua jajaran PN Menggala agar benar-benar menguasai tehnis peradilan, menjaga integritas dan profesionalitas, serta kode etik dalam melaksanakan tugas.

Semua Hakim dan Pegawai wajib menguasai semua aturan yang ada, baik itu menyangkut tehnis peradilan maupun kesekretariatan. Melaksanakan tupoksi harus dengan baik, benar serta ikhlas. Sebagai Hakim wajib mematuhi ketentuan Perma No. 7, 8, dan 9 Tahun 2016. Sedangkan bagi yang non Hakim berlaku SK KMA No. 9 Tahun 2009, serta aturan-aturan lain termasuk Maklumat Ketua MA. Diperintahkan pula agar dimaksimalkan mekanisme PTSP dan patuhi SOP yang ada di satuan kerjanya.

Terhadap prestasi satker ini yang sudah berhasil diraih agar ditingkatkan. Dan harus turut mengejar predikat satker yang WBK, dan pada saatnya nanti bisa mencapai predikat WBBM sebagaimana digariskan Pimpinan.  Diingatkan pula bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan surveilan terhadap akreditasi kinerjanya. Atas semua pesan dan perintah Ketua PT Tanjungkarang itu, semua pegawai satker tersebut menyatakan sanggup.

Pada kesempatan tersebut Ketua PT Tanjungkarang juga mengunjungi sekaligus meresmikan ruang telekonference dan kreatif. Ruangan berikut fasilitasnya amat representatif untuk melayani masyarakat yang diinisiasi PN Menggala  itu bisa dibanggakan keberadaannya. Oleh karena itu Ketua PT Tanjungkarang menyambutnya dengan senang hati  dan merasa bangga, lalu berpesan agar dimaksimalkan fungsinya serta dipelihara dengan baik.

Mengingat pandemi penyakit virus korona, maka kedua acara berlangsung dengan memperhatikan protokol Covid-19.

Berikut ini adalah dokumentasi pembinaan dan peresmian ruang telekonference dan kreatif oleh  Ketua PT Tanjungkarang tersebut :

ruang telekon pnmgl

 

Alamat / Peta Lokasi Kantor


Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

SIPPKetua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Lebih Lanjut

Syarat dan Tata cara Pengaduan

DirPutSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Lebih Lanjut

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

DJIHMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Lebih Lanjut

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas